2. Alat dan Bahan
[Kembali]
a. Jumper
Gambar 2.1 Jumper
b.Panel DL 2203D
c.Panel DL 2203C
d.Panel DL 2203S
Gambar 2.2 Modul De Lorenzo
Pertama untuk J-K flip flop dan D flip flop. Pada rangakaian yang ada, untuk kaki R dan S terhubung pada input B0 dan B1, yang mana keduanya divariasikan untuk tiga percobaan pertama. Dapat dilihat variasinya pada jurnal, begitu pula dengan outputnya. Untuk mengaktifkan R dan S pada flip flop adalah aktif LOW, sehingga aktif saat diberikan logika 0. Namun, jika diminta untuk berlogika 1(seperti pada jurnal untuk tabel no. 4-7, maka untuk set dan resetnya tidak aktif. Sehingga output Q dan Q not dipengaruhi oleh input J-K atau D pada flip flop. Pada kaki J terhubung B2 dan untuk K terhubung input B4. Pada B3 terhubung clock(untuk J-K flip-flop) yang berfungsi untuk mempengaruhi output yang berubah atau tidak. Untuk D flip flop, B6 terhubung clock yang berfungsi untuk mempengaruhi output yang berubah atau tidak. Berdasarkan tabel kebenaran untuk J-K flip flop, jika J=1 K=0, maka output Q=1 dan Q not= 0. Hal ini sesuai dengan yang terjadi pada rangkaian.
Berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan, pada rangkaian J-K Flip Flop dan D Flip Flop yang mana input R berasal dari B0 dan input S berasal dari B1, jika kedua input diberi logika 0 maka input yang aktif yaitu R-S yang mana berkerja pada aktif low /aktif rendah, sehingga output yang di hasilkan berlogika sama sesuai dengan percobaan sebelumnya hal ini dinamakan sebagai kondisi tetap atau output tanpa perubahan sesuai dengan tabel kebenaran.
- Kondisi Toggle
Kondisi ini ketika semua input berlogika 1 dan input CLK diberikan clock. Kondisi ini yaitu dimana output berubah-ubah dari 0 ke 1 dan sebaliknya sesuai dengan perpindahan clock.
- Kondisi Terlarang
Kondisi yang terjadi Ketika input sama-sama berlogika 1 atau pada percobaan 1 dapat dilihat pada percobaan no 3, dimana dihasilkan output Q=1 dan Q’=1, kondisi ini yang disebut sebagai kondisi terlarang dan sebisa dihindari selama percobaan karena dapat merusak alat.
No comments:
Post a Comment